Tuesday 1 February 2011

Ilmuwan Rusia Memprediksi Asteroid Apophis Menabrak Bumi

13 April 2036 adalah tanggal dampak ketika asteroid Apophis  akan menabrak Bumi dengan kekuatan 50 juta kali bom Hiroshima, menurut riset yang didasarkan pada prediksi para ilmuwan Rusia. Ini lebih dari cerita untuk menakut-nakuti: begitu banyak ilmuwan setuju untuk segera menyelenggarakan konferensi internasional.

"Para astronom memperkirakan asteroid pembunuh akan menabrak Bumi pada 2036", peneliti berbasis di AS dan penulis Terrence * Aym Rusia mengutip Profesor Leonid Sokolov, dari St Petersburg State University, yang menyatakan dalam wawancara televisi baru-baru ini bahwa "besar kemungkinan tabrakan dengan Bumi dapat terjadi pada April 13, 2036 "dengan asteroid Apophis.
Aym menunjukkan bahwa Apophis adalah nama Yunani bagi dewa Mesir Apep, juga dikenal sebagai "Uncreator."

Ini bukan omong kosong. Semakin banyak ilmuwan mengenali bahaya nyata, Anatoly Perminov, kepala Badan Antariksa Federal Rusia Roscosmos menyatakan dalam sebuah rilis pers resmi. "Ruang pejabat Rusia dan anggota Komisi Eropa akan bertemu di awal Juli untuk bergabung membahas ribuan asteroid yang berpotensi berbahaya."

Hingga 2004, Apophis belum terlihat, namun dalam tujuh tahun terakhir ini telah diakui sebagai ancaman paling berat terhadap planet kita, dan mengutip Terrence Aym, "ancaman yang paling dekat bagi umat manusia".


Lintasan Apophis telah menciptakan perpecahan dalam komunitas ilmiah internasional: Rusia dan Eropa semakin khawatir, sementara astronom  NASA mengecilkan kemungkinan tabrakan. Apapun kasusnya,mengulangi dampak asteroid Yucatan 65 juta tahun lalu yang menyapu bersih sebagian besar spesies di Bumi?

Rusia dan Uni Eropa akan meluncurkan proyek asteroid bersama dalam sebuah pertemuan yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 Juli 2011, antara Komisi Eropa dan para ilmuwan dan insinyur dari Rusia Federal Space Agency, Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dan perwakilan ilmiah lainnya dan Lembaga sipil .


Rusia Space Agency Roscosmos, telah memperkirakan dampak tersebut tidak hanya akan menyebabkan perubahan iklim besar tapi lebih buruk dari itu, dengan dampak yang setara dengan satu juta megaton TNT (50 juta Hiroshima bom), akan memusnahkan peradaban modern. Terrence Aym menulis bahwa sebuah kawah dengan diameter seribu kilometer akan diciptakan dan debu dilemparkan ke dalam atmosfir yang akan menutup  Matahari, menciptakan Musim Dingin tipe nuklir berlangsung hingga puluhan ribu tahun.

Pekerjaan yang berlanjut dengan kutipan menyenangkan dari spesialis Rusia: "Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian para ilmuwan, teknisi, politisi dan militer semakin berfokus pada bahaya asteroid dan komet, yaitu ancaman tabrakan Bumi dengan benda ruang angkasa , "kata Perminov. "Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa program pengawasan khusus menyebabkan peningkatan dramatis dalam jumlah benda-benda yang terdeteksi, dan informasi baru yang diperbolehkan untuk mendapatkan wawasan baru ke dalam masalah."

* Terrence Aym

Baca artikel asli:

"Para astronom sekarang memperkirakan asteroid pembunuh akan menabrak Bumi pada 2036"


Timofei Belov

Pravda.Ru

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment