Tuesday 23 November 2010

Menguak Sarang Hantu di Tempat Penimbunan Kayu

Makhluk gaib atau bangsa lelembut biasanya memilih bermukim di bangunan-bangunan kuno yang sudah jarang digunakan beraktivitas manusia. Dan di lokasi-lokasi semacam itulah, kerap kali bangsa gaib menampakkan wujudnya kepada siapapun yang kebetulan sedang berada di sana.

Seperti yang terjadi di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) milik Perhutani yang terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, Bojonegoro. Mulai dari Gendruwo, hantu wanita menggendong bayi, pocong, jelangkung, ular raksasa, dan ratusan hantu berpakaian parlente seringkali menampakkan diri.



Lokasi penimbunan kayu milik Perum Perhutani II KBM Pemasaran Kayu Jatim II, Bojonegoro ini luasnya mencapai 48 hektar. Sebagian besar, tempat ini hanya lahan kosong dengan ratusan atau bahkan ribuan kayu bertumpukan. Namun, lokasi TPK terlihat rimbun dengan adanya puluhan pohon besar yang berdiri kokoh mengitarinya.

Di tengahnya lokasi, terdapat 6 blok bangunan, yang semuanya membujur dari Selatan ke Utara. Blok paling depan dengan dinding tembok tebal menghadap ke barat itu biasa digunakan sebagai perkantoran dan pusat transaksi jual beli kayu. Sedangkan beberapa blok di belakangnya, sebagian hanya berdiri dengan cagak kayu dan atap genting yang tanpa ada temboknya.

"Yang paling angker adalah blok 5. Gudang itu adalah pusat keberadaan mahluk halus. Mulai dari gendruwo, pocong dan berbagai jenis hantu lainya," kata Purwanto, warga Sukorejo sambil menunjuk sebuah gudang kosong yang mulai rapuh dengan kondisi atapnya dipenuhi semak belukar saat berbincang dengan detiksurabaya.com, Senin (8/11/2010).

Purwanto mengatakan sudah banyak sekali warga yang melihat penampakan dari gudang tersebut. Bahkan, hantu-hantu itu bukan hanya muncul malam hari saja. Tapi, siang hari juga tak jarang warga yang pernah melihatnya. "Kalau saya sendiri, pernah beberapa kali melihat penampakan seorang wanita yang berjalan mondar-mandir di sekitar gudang itu dengan menggendong anak kecil," ungkapnya.

Namun, beberapa warga lain juga ada yang pernah melihat adanya penampakan genderuwo, pocong dan ular raksasa. Bahkan, sempat ada seorang penjual sayur yang melihat ada pesta pernikahan besar dengan dihadiri ratusan orang berpakaian parlente, seperti mengenakan jas, dasi dan sebagainya. Tapi, begitu didekati ternyata tidak ada apa-apa.

"Penjual sayur tersebut bukan warga setempat. Tapi, sejak dia melihat penampakan pesta hantu itu sampai sekarang sudah tidak pernah muncul lagi. Mungkin karena ketakutan atau kenapa saya sendiri tidak tahu," ujar Bono (40), juga warga Desa Sukorejo yang tinggal di sekitar TPK.

Bono sendiri mengaku belum penah lihat sendiri keberadaan makhluk-makhluk gaib itu. Tapi, sebagai orang yang biasa berada di TPK Bojonegoro untuk membantu proses jual beli kayu, dirinya kerap sekali mendapat cerita tentangkeberadaan hantu-hantu di TPK tempatnya bekerja tersebut.

Kendati begitu, selama ini hantu-hantu tersebut tidak pernah mengganggu warga maupun para pekerja TPK Bojonegoro. Karena itu, Bono atau warga lainya mengaggap biasa saja semua misteri hantu tersebut.

"Memang, saat malam hari jarang sekali ada warga yang berani lewat sekitar TPK sendirinya. Tapi, setahu saya tidak pernah ada warga atau petugas TPK yang diganggung oleh penampakan mahlus halus tersebut. paling-paling, mereka hanya melihat sebentar terus hilang begitu saja," tuturnya.


Andi (53), Mandor di TPK Bojonegoro juga membenarkan semua cerita tersebut. Namun, ia dan rekan-rekanya merasa tidak pernah terganggu oleh keberadaan ratusan makhluk gaib itu. Dirinya memaklumi semua itu karena TKP Bojonegoro memang sudah berdiri sejak zaman Jepang dulu. "Memang ada, tapi mending kita cuekin saja. Yang penting tidak mengganggu," tandasnya.

sumber : http://surabaya.detik.com/read/2010/11/08/062551/1488876/475/menguak-sarang-hantu-di-tempat-penimbunan-kayu?881104465

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment