Tuesday 15 February 2011

Kisah Kelam dan berdarah hari Valentine

Hari Valentine adalah waktu untuk merayakan asmara dan cinta. Tetapi asal usul festival ini sebenarnya gelap, berdarah - dan agak kacau. Sebuah gambar menggambarkan kematian St Valentine - Bangsa Romawi mengeksekusi dua pria pada tanggal 14 Februari abad ke-3 Masehi. Meskipun tidak ada yang menunjuk asal tepat hari libur, satu tempat yang baik untuk memulai adalah Roma kuno.

Roma kuno yang Liar dan Gila

Dari 13-15 Februari, bangsa Romawi merayakan hari raya Lupercalia. Orang-orang mengorbankan seekor kambing dan seekor anjing, kemudian diolah oleh premepuan dengan kulit dari binatang yang baru saja mereka dibunuh.
The romantisme Romawi "Jika sedang mabuk. Mereka  telanjang," kata Noel Lenski, seorang sejarawan di University of Colorado di Boulder. . Mereka percaya ini akan membuat mereka subur.
Festival brutal termasuk undian jodoh, di mana pemuda menarik nama-nama perempuan dari stoples. Pasangan ini kemudian akan, um.....selama festival ini berlangsung atau berlanjut keesokan harinya.


Bangsa Romawi kuno mungkin juga bertanggung jawab untuk nama hari modern kita. Kaisar Claudius II mengeksekusi dua pria - baik bernama Valentine - pada tanggal 14 Februari  abad ke-3 Masehi kemartiran (islam = syahid)  mereka dihormati oleh Gereja Katolik dengan perayaan Hari Santo Valentine.
Kemudian, Paus Gelasius I abad ke-5 menggabungkan Hari
St Valentine dengan Lupercalia untuk mengusir ritual pagan. Tapi festival itu lebih merupakan interpretasi teater dari apa yang dulu pernah terjadi. Lenski menambahkan, "Itu adalah sedikit lebih dari mabuk untuk bersenang-senang, tetapi orang Kristen meletakkan kembali  Hal itu. Namun tidak berhenti dari menjadi hari kesuburan dan cinta."
Sekitar waktu yang sama, Normandia merayakan Hari Galatin's. Galatin berarti "pencinta perempuan." Itu mungkin sama dengan Hari St Valentine


William Shakespeare membantu meromantiskan Valentine's Day dalam karyanya, dan mendapatkan popularitas di seluruh Inggris dan seluruh Eropa.
Shakespeare In Love
Tahun-tahun berlalu, liburan tumbuh manis. Chaucer dan Shakespeare romantis dalam pekerjaan mereka, dan mendapatkan popularitas di seluruh Inggris dan seluruh Eropa. kartu kertas buatan tangan menjadi tren  pada Abad Pertengahan.
Akhirnya, tradisi itu menuju Dunia Baru. Revolusi industri diantar di kartu buatan pabrik pada abad ke-19. Dan pada tahun 1913, Kartu Hallmark Kansas City, Mo, mulai memproduksi massal kartu
Valentine .
Hari ini, liburan adalah bisnis besar: Menurut perusahaan riset pasar IBIS Dunia, penjualan
Hari Valentine  mencapai $ 17600000000 tahun lalu, penjualan tahun ini diharapkan total $ 18,6 miliar.
Tapi komersialisasi yang merusak hari bagi banyak orang. Helen Fisher, seorang sosiolog di Rutgers University, mengatakan kita hanya diri kita untuk menyalahkan.
"Ini bukan kinerja perintah," katanya. "Jika orang tidak mau membeli kartu Hallmark, mereka tidak akan dibeli, dan Hallmark akan keluar dari bisnis."
File:My Dearest Miss.jpg
Kartu ucapan Valentine 1862 "My dearest Miss, I send thee a kiss" addressed to Miss Jenny Lane of Crostwight (wikipedia)

Dan perayaan Valentine's Day berlangsung, dengan cara yang bervariasi. Banyak yang membeli perhiasan dan bunga untuk kekasih mereka. Orang lain akan merayakan di SAD (Single Awareness Day)makan sendirian dan membeli coklat untuk dirinya sendiri. Beberapa bahkan mungkin akan menghabiskan hari ini dengan cara yang sama dengan bangsa romawi kuno. Tapi mari kita tidak pergi ke sana.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment