Sunday 20 February 2011

Sesuatu yang Terakhir di Dunia

01 Eksekusi Mati Terakhir dengan Guilotin


World's Last Public Execution By Guillotine

Pada tahun 1977, imigran Tunisia Hamida Djandoubi menjadi orang terakhir yang dieksekusi mati dengan alat pancung perancis yang terkenal guillotine. Djandoubi telah dihukum karena menyiksa dan membunuh pacarnya, Elizabeth Bousquet, di Marseille. Setelah berhasil memaksa Bousquet ke prostitusi ia mengajukan keluhan terhadap dia, yang membawanya untuk membalas dendam. Djandoubi memikat dua gadis muda lainnya ke dalam pelacuran dan memaksa mereka untuk menonton sambil Bousquet diculik, diperkosa, dan dibakar payudara dan alat kelaminnya dengan rokok sebelum akhirnya berkendara keluar kota dan mencekik nya sampai mati.


Djandoubi berusaha untuk menculik gadis lain satu bulan kemudian, tapi ia dapat melarikan diri dan melaporkan dia kepada polisi. Dia dieksekusi dengan guillotine pada tanggal 10 September 1977. Perancis menghapuskan hukuman mati pada tahun 1981.
(Link | Photo)


02. Suku Matriakal Terakhir



World's Last Matriarchal Society
Masyarakat matriarkal  Terakhir Dunia di pegunungan Cina barat daya hidup anggota Suku Mosuo,dianggap sebagai masyarakat matriarkal terakhir di dunia. Dengan 40.000 penduduk yang tinggal di desa-desa di samping Danau Lugu murni, orang-orang ini "Kerajaan Wanita" tidak memiliki kata-kata dalam bahasa mereka untuk "suami" atau Perempuan membuat semua keputusan penting, memiliki semua tanah dan tempat tinggal, dan mempertahankan "ayah." tunggal hak asuh anak yang lahir ke society.Most mereka penting, para suku  wanita praktek Mosuo sebuah hun Zuo, atau "perkawinan berjalan," yang berarti bahwa setelah mereka berusia 13 wanita mungkin memerlukan pecinta sebanyak yang mereka ingin sepanjang masa hidupnya. Setiap anak-anak yang dihasilkan dibesarkan oleh para wanita dari suku dan laki-laki semua disebut sebagai "paman." Ayah tidak pernah dibahas atau dipertanyakan.
(Link | Photo)


03. Veteran Amerika di Perang Dunia I Terakhir



World's Last American WWI Survivor
Dari 4,7 juta orang Amerika yang bertugas di Perang Dunia I, hanya satu yang masih hidup saat ini. Frank Woodruff Buckles baru saja merayakan ulangnya ke110, membuatnya salah satu dari tiga veteran  Perang Dunia I yang masih hidup didunia , dan satu-satunya di Amerika. Mr Buckles berusia lima belas tahun ketika dia berbohong tentang usianya untuk mendaftar di Angkatan Darat Amerika Serikat. Ia dikirim ke luar negeri di mana ia bekerja di korps ambulans, merawat tentara yang terluka di medan pertempuran. Mr Buckles melanjutkan untuk melayani dalam Perang Dunia II di mana ia dipenjarakan di kamp POW Jepang selama tiga tahun sebelum diselamatkan oleh Amerika forces.
Belum lama ini Mr Buckles melobi menjadi peringatan Perang Dunia I baru di Washington, DC, membuatnya orang tertua yang pernah bersaksi di depan Senat AS.
(Link | Photo)


04. Manusia Terakhir di Bulan



World's Last Man To Set Foot On The Moon
Pada Desember 1972 kapal astronot pesawat ruang angkasa Apollo 17 NASA membuat pendaratan bulan keenam dan terakhir dalam sejarah sejauh ini. Komandan Eugene Cernan dan Lunar Module Pilot Harrison Schmitt mengambil total tiga spacewalks selama jam tujuh puluh lima yang mereka habiskan pada permukaan bulan. Selama berjalan, mereka mengumpulkan sampel dan meledakkan alat peledak ilmiah. Meskipun Schmitt adalah orang terakhir yang melangkah ke permukaan bulan, ia kembali masuk pesawat ruang angkasa di depan Cernan, membuat Cernan orang terakhir di dunia yang pernah menginjakkan kaki di Bulan.
(Link | Photo)

05. Kura-kura raksasa Geochelone Abigdoni Terakhir



World's Last Geochelone Abigdoni Tortoise
Kura-kura raksasa ini dikenal sebagai "Lonesome George," dan dia adalah kura-kura 200-pon dari spesies Geochelone Abigdoni yang terkahir 'bergantung ia kawin dengan spesies yang sama'. George berusia 90 dan 100 tahun dan memiliki umur yang diharapkan mencapai 150 tahun. Meskipun ia bisa membuahi kura-kura yang lain namun bukan dari spesies yang sama, jadi untuk sekarang dia masih contoh terakhir di dunia.
 (Link | Photo)

06. Koran Tulisan Tangan Tangan Terakhir



World's Last Handwritten Newspaper
Setiap hari di kota Chennai, India, tiga orang penulis kaligrafi disebut katibs susah payah menulis berita harian dalam bahasa asli mereka. Para kaum musalman adalah koran sore empat-halaman yang ditulis seluruhnya dengan tangan sebelum diproduksi secara massal oleh percetakan. Surat kabar itu memuat berita-berita nasional dan daerah serta bagian olahraga. The katibs tradisional meninggalkan sudut kecil kosong dari halaman depan  jika ada berita terkini yang harus ditambahkan pada menit terakhir. 
Para kaum musalman adalah surat kabar berbahasa Urdu tertua dan dibagikan kepada hampir 22.000 warga setiap hari. Hal ini sebagian besar dianggap hanya tersisa surat kabar tulisan tangan di dunia dari jenisnya.
(Link | Photo)


07. Penutur Bahasa Terakhir



World's Last Language To Go Extinct
Ketika Boa Sr delapan puluh lima tahun  meninggal pada 10 Januari 2010, ia membawanya sebagai yang terakhir dari bahasa asli nya Aka Bo (juga disebut Bo). Boa Sr adalah tetua  India Andaman di Kepulauan Andaman India, dia juga satu-satunya orang dari sekitar 52 penduduk asli yang tersisa di desanya yang ingat bahasa Bo, sehingga ketika dia meninggal bahasa menjadi bahasa dunia yang paling terbaru yang punah bahasa punah. yang berbeda dari bahasa "Dead" karena bahasa mati (seperti Latin dan bahasa Sansekerta) adalah tetap hidup oleh para sarjana yang mempelajari mereka. bahasa punah secara permanen hilang ketika penutur asli terakhir meninggal. 
Meskipun Aka Bo adalah bahasa yang paling baru untuk menghilang, tidak mungkin tetap di dunia berlangsung selamanya. Diperkirakan bahwa separuh dari hampir enam ribu bahasa yang digunakan di dunia akan menjadi punah dalam 200 tahun ke depan.
(Link | Photo)


08. Bongkahan Emas Terakhir yang digali



World's Last Giant Gold Nugget
Ini sepotong 9-pon emas ditemukan di Sierra Nevadas oleh seorang pria menggunakan detektor logam di atas tanah miliknya. pegunungan berbatu California   mengilhami Gold Rush terkenal selama abad ke-17, namun entah bagaimana ini bagian besar emas diabaikan oleh para penambang dan pengemis yang diselimuti daerah dengan harapan mencolok itu rich.
This nugget dikatakan menjadi yang terakhir dari jenisnya di dunia, akan dilelang Maret 2011, dan diharapkan untuk mengambil hampir setengah juta dolar.
(Link | Photo)


09. Kasus Cacar Terakhir



World's Last Case of Smallpox
Hingga penyakit ini diberantas dengan vaksin pada tahun 1979, manusia telah dipengaruhi oleh virus mengubah kehidupan selama berabad-abad. Dari mereka cacar, terinfeksi menewaskan sampai 60% dari orang dewasa dan hampir 80% anak-anak, meninggalkan korban cacat dengan jaringan parut dan sering korban terakhir dunia blind.Tentang cacar  adalah Rahima Banu di Bangladesh, yang berumur dua tahun ketika ia terjangkit penyakit itu pada Oktober 1975. Setelah Organisasi Kesehatan Dunia diberitahu, Banu menerima vaksin dan benar-benar sembuh. Dia menikah pada usia delapan belas tahun, memiliki empat anak, dan masih hidup sampai saat ini
(Link | Photo)


World's Last Seagoing Paddle Steamer



World's Last Seagoing Paddle Steamer
Meskipun kapal-bangunan teknologi telah canggih dan perahu dayung bertenaga uap, nyaris cara yang paling efisien untuk perjalanan, masih banyak kapal uap dengan dayung berfungsi di seluruh dunia usaha terutama sebagai tempat wisata. Hanya satu kapal dayung menawarkan sekilas nostalgia ke masa lalu sementara juga merambah ke laut, dan itu adalah Waverley PS di Skotlandia. Dibangun pada 1947, Waverley masih menawarkan pelayaran reguler di sekitar pantai Inggris dan Skotlandia.(Link | Photo)


World's Last Atomic Bombing



World's Last Atomic Bombing
Pada tanggal 9 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom terakhir sampai saat ini di Nagasaki di Jepang. Tiga hari sebelumnya pasukan AS membom Hiroshima, dan ini bom akhir adalah peristiwa yang akhirnya menyebabkan Jepang menyerah Perang Pasifik, dengan demikian mengakhiri Perang Dunia II.Though Jerman menyerah pada Mei 1945, suatu tindakan yang mengakhiri perang di Eropa, Jepang telah menolak untuk menyerah. Presiden AS Harry S. Truman mengeluarkan perintah untuk bom dua kota di Jepang. Selama beberapa bulan berikutnya 90,000-160,000 orang di Hiroshima dan Nagasaki 60,000-80,000 orang meninggal baik dari luka yang diderita selama pemboman, luka bakar, atau penyakit radiasi berikutnya.
(Link | Photo)


12. Praktek Perbudakan Terakhir



World's Last U.S. State To Abolish Slavery
Meskipun pemerintah AS menghapuskan perbudakan pada tahun 1865 dengan Amandemen ke-13, negara bagian Mississippi tidak berkeliling untuk membuat perbudakan ilegal sampai 130 tahun kemudian, pada tahun 1995. Ketika seluruh bangsa meratifikasi Amandemen 13 membuatnya ilegal untuk menjual, memiliki, atau membeli budak manusia, negara bagian Mississippi menahan karena warga negara ingin pemerintah untuk membayar kembali uang yang hilang dengan membebaskan budak mereka. Ia tidak sampai 1995 ketika negara secara resmi, jika tidak secara simbolis, perbudakan dihapuskan. (Link | Photo)

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment