Wednesday 15 December 2010

Cumi-cumi Terbang Terekam Kamera

Seorang fotografer asal Inggris dikagetkan dengan pemunculan cumi-cumi yang bisa terbang. Semula ia menyangka mahluk tersebut adalah ikan terbang. Namun begitu diperhatikan lebih dekat dia terperanjat hewan terbang tersebut adalah cumi-cumi.

Daily Mail, Selasa (13/12) menulis, penampakan langka ini diabadikan oleh Graham Ekins (60) saat ia melintasi perairan Jepang. Dia menyebutkan hewan bawah laut  itu terbang bukan ke arah depan akan tetapi sebaliknya ke belakang.

Cumi-cumi yang diketahui jenis cumi-cumi biru (Todarodes Pacificus) ini saat ditemukan terbang di ketinggian hampir 20 meter. Ekins memerhatikan ada puluhan ekor cumi-cumi biru yang terbang saat itu dengan ukuran panjang berkisar delapan inchi.

Menurut ilmuwan kebiasaan langka dari hewan dasar laut itu dilakukan apabila cumi-cumi berada dalam bahaya di saat predator lainnya mengejar mereka. Hewan ini terbang ke udara dengan menggunakan tentakel di tubuhnya.

Selain itu, kemampuan terbang mahluk ini dibantu oleh sirip seperti cuping yang digunakan sebagai kemudi pergerakannya saat di air.



Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment