Tuesday 4 January 2011

Pedonor Organ Pertama di Dunia Meninggal Dunia di usia 79 Tahun

Seorang pria yang menyumbangkan ginjal untuk saudara kembarnya yang sekarat 56 tahun yang lalu untuk transplantasi organ pertama yang sukses di dunia, telah meninggal di Amerika Serikat.

Ronald Lee Herry meninggal pada usia 79, pada hari Senin di Pusat Rehabilitasi Augusta, sebuah rumah sakit di Maine, New England, setelah komplikasi dari operasi jantung di bulan Oktober, jandanya, Cynthia, mengatakan.


Herry menyumbangkan ginjal untuk kembar identik, Richard, dalam operasi transplantasi pertama pada tanggal 23 Desember 1954.
Operasi sukses , untuk menyambung hidupsaudara nya itu selama delapan tahun dan merupakan transplantasi organ pertama yang berhasil, menurut Jaringan Serikat untuk transplantasi organ. pemimpin ahli bedah Dr Joseph Murray kemudian memenangkan hadiah Nobel.
Operasi ini membuktikan bahwa transplantasi adalah mungkin dan menyebabkan ribuan
transplantasi ginjal lainnya  sukses, dan kemudian transplantasi organ lain.

Dokter di seluruh dunia telah mencoba beberapa transplantasi sebelum operasi terobosan, tanpa hasil, kata Murray, yang kemudian melakukan 18 transplantasi lainnya untuk  kembar identik.
"Operasi ini diremajakan untuk seluruh bidang transplantasi," kata Murray, 91, yang tinggal di Wellesley, Massachusetts.


"Ada orang lain belajar transplantasi dalam empat atau lima negara yang berbeda, namun fakta bahwa hal itu bekerja sangat baik dengan si kembar identik adalah stimulus yang luar biasa."
Herry dibesarkan di sebuah pertanian di Rutland, Massachusetts, dan kemudian bertugas di tentara AS.
Dia berusia 23 ketika ia menyumbangkan ginjal untuk saudaranya, yang sedang sekarat dari nefritis kronis, suatu peradangan pada ginjal. Pikir Murray kemungkinan organ transplantasi diterima akan meningkat karena mereka kembar identik.


Sebelum operasi, banyak menentang ide transplantasi organ, menyamakan dengan penodaan tubuh. Lain-lain berpendapat, tidak etis untuk beroperasi pada manusia sehat, dan editor jurnal kedokteran menulis bahwa itu bertentangan dengan sumpah Hippocrates untuk tidak merugikan siapa pun, kata Murray.
Tapi Herry tidak dibujuk dari operasi. "Dia adalah satu-satunya di dunia yang bisa menyelamatkan hidup kakaknya, jadi dia akan melakukannya," kata Cynthia Herrick. "Tidak ada pertanyaan tentang hal itu."




Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment