Wednesday 12 January 2011

Keluar Peluru Pada Saat Bersin

Bersin adalah kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan). Tapi apa jadinya jika saat bersin yang keluar malah peluru.



Kejadian ini dialami pemuda Italia bernama Darco Sangermano (28 tahun) yang menjadi korban peluru nyasar. Darco terkena peluru nyasar saat merayakan malam tahun baru 2011 bersama pacarnya di kota Naples Italia.

Kota ini memang terkenal dengan perayaan tahun baru yang gaduh karena permainan kembang api yang heboh dan sering muncul tembakan senjata api. Di tengah keramaian itulah Darco terkena peluru nyasar yang mengenai sisi kanan kepalanya yakni di belakang rongga mata dan lalu bersarang di rongga hidung.

Saat kejadian, Darco mengalami perdarahan berat yang lalu dirinya dilarikan ambulans ke rumah sakit setempat. Saat menunggu untuk diperiksa dokter, tiba-tiba Darco mengalami bersin. Ajaibnya, peluru kaliber 22 yang bersarang di rongga hidungnya ikut keluar dari lubang hidung kanan saat ia bersin.

Dokter yang memeriksa mengatakan tidak ada kerusakan serius dari tembakan peluru yang masuk di kepala Darco. "Peluru yang masuk mengenai tulang temporalnya dan ini memperlambat peluru mengenai bola matanya secara langsung," kata Dr Guglielmo Ramieri ketika diwawancarai majalah Gente seperti dilansir Telegraph, Selasa (11/1/2011).

Operasi yang dilakukan pada Darco adalah menghilangkan pecahan tulang di kepalanya. Dokter juga meyakinkan, Darco tidak akan mengalami kehilangan penglihatan walaupun saat kejadian dia mengaku penglihatannya agak sedikit kabur.

Darco yang merupakan pengrajin seni asal Turin ini selanjutnya akan menjalani operasi laser untuk memperbaiki kerusakan retina sehingga ia akan mengalami pemulihan total.

Saat seseorang bersin, maka lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 161 km per jam. Saat bersin biasanya mengeluarkan 100.000 kuman ke udara. Bersin ini berguna untuk menjaga hidung agar tetap bersih, karenanya seringkali bersin terjadi secara berulang-ulang. 





Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment