Saturday 1 January 2011

10 Kegiatan Unik Berbagai Negara di Tahun Baru

MALAM Tahun Baru menjadi hal yang paling penting bagi setiap orang di dunia. Sebagian dari mereka ada yang terlihat melakukan ritual doa, ada pula yang bersenang-senang dengan keluarga atau make a wish. Berikut 10 kegiatan malam tahun baru yang terjadi di seluruh dunia :
1. Bakar api unggun

Hampir setiap negara di seluruh dunia melakukan hal ini saat Tahun Baru. Di Ekuador, api unggun dinyalakan untuk tahun baru dan pembakaran stupa bagi orang-orang yang sudah meninggal.

Sedangkan di Paulista Avenue, Brazil, api unggun dinyalakan pada tengah malam untuk sebuah ledakan petasan dan kembang api.

2. Tahun Baru Roti

Kegiatan unik yang ada di Yunani adalah pembuatan roti khusus "Vasilopita" yang selalu disajikan saat malam tahun baru saja. Agar lebih menarik, di dalam roti dimasukkan sebuah koin yang siap dipanggang matang. Bagi Anda yang mendapat potongan hadiah koin itu, maka diyakini akan mendapat keberuntungan di tahun mendatang.

3. Penukaran kado

Kado-kado tahun baru di Turki ternyata bisa ditukar dengan beberapa makanan tradisional yang tersaji pada suatu pesta akhir tahun. Namun di Prancis, kesempatan seperti ini disebut "le Reveillon", yang artinya adalah penukaran kado dengan beberapa makanan mewah seperti fois gras dan sampanye atau terkadang juga hadiah.

4. Sajian dua belas anggur

Di Spanyol terdapat tradisi malam tahun baru seperti pemberian dua belas buah anggur kepada masing-masing orang. Setiap anggur menandakan jumlah bulan pada tiap tahun. Jika anggur yang dimakan manis, itu artinya bulan baik, sedang yang asam adalah bulan yang penuh kesulitan.

5. Penentuan pakaian

Pakaian rapih juga menjadi perhatian saat perayaan tahun baru. Bagi warga Filipina, dress code yang cocok dipakai saat malam tahun baru adalah pakaian dengan lingkaran yang berbintik-bintik, sedangkan di Venezuela memilih warna merah dan kuning di Ekuador.

6. Kegiatan mistis

Jika di Filipina, kegiatan melempar koin di tengah malam itu dipercaya akan kaya. Namun di Meksiko, beberapa kegiatan yang bisa membuat orang makmur adalah dengan cara menggantung boneka berbentuk domba di setiap gagang pintu rumah.

7. Watch Night

Dalam beberapa sekte Kristen, malam tahun baru dikenal sebagai malam untuk doa (Watch Night). Dimana mereka (para jemaat berkumpul untuk bersyukur dan bernyanyi dalam doa secara bersamaan.

Kegiatan ini juga menjadi hal penting bagi para budak di Amerika tahun 1862, di mana mereka menunggu waktu emansipasi yang jatuh pada 1 Januari 1863.

8. Sampanye

Di seluruh dunia tampaknya menganggap sampanye sebagai minuman paling populer di malam tahun baru. Bahkan di Eropa dan di Amerika minuman tradisi ini sering dilakukan bersama-sama dengan cara bersulang.

Sedikit berbeda dengan Rusia, minuman yang dibuat dengan dengan campuran vodka adalah air jeruk nipis dan air keran yang mengalir pada tengah malam. Air ini "dirty water" dikonsumsi untuk mencegah nasib buruk.

9. Ciuman

Berciuman di malam tahun baru sudah menjadi hal yang biasa di beberapa negara. Ini menandakan sikap romantis, sekaligus ucapan tahun baru terhadap pasangan Anda. Mau coba di akhir tahun 2010 ?

10. Menjatuhkan bola

Selama lebih dari 100 tahun kegiatan seperti ini selalu dilakukan di Times Square, New York City. Ini disiarkan luas dan mungkin saja menjadi tradisi yang paling terkenal di seluruh dunia pada malam tahun baru.

Di beberapa kota, seperti Hong Kong, Sydney, Rio de Janeiro, San Antonio, Sacramento dan California kegiatan menjatuhkan bola (drop) ini juga dilakukan sebagai tanda pergantian tahun yang baru.

Sedangkan di Hershey dan Pennsylvania yang dijatuhkan adalah cokelat Hershey Kiss raksasa dan di Atlanta, Georgia yang dijatuhkan adalah buah persik. (*/OL-06)


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment